Search

Kumpulkan Skema Masuk Akal untuk Pengolahan Sampah di SMAN 1 Pandaan - Surya

Saat peringatan Hari Peduli Sampah di aula SMAN 1 Pandaan, Pasuruan. SMAN 1 Pandaan diadakan pameran skema sampah, Jumat (21/2/2020). Acara itu dibuat untuk menunjukkan potensi pengolahan daur ulang sampah dengan menghasilkan suatu produk. Selain itu, juga untuk memberikan solusi untuk mengurangi penggunaan sampah anorganik yang sulit diuraikan.

Saat ini sampah sudah menjadi problem yang paling dekat. Sampah daur ulang dapat diolah menjadi nilai ekonomi juga.

Skema sampah berisi antara lain definisi sampah, jenis sampah di SMAN 1 Pandaan, dan cara pengolahannya menjadi produk-produk yang memiliki nilai guna. Contoh pengolahan sampah menjadi sebuah produk, seperti sapu yang terbuat dari botol plastik dengan ganggang yang memanfaatkan sampah limbah seperti pipa.

Solusi untuk menangani sampah anorganik dan mengurangi penggunaannya dengan mengadakan satu hari tanpa botol plastik dan beralih pada botol tumbler. Sampah plastik yang cukup menumpuk sebagian dijual kepada pengepul dan sebagian akan diolah menjadi produk hasil perencanaan skema.

Bagus, Ketua Pelaksana Peringatan Hari Peduli Sampah mengatakan, realisasi acara itu akan sedikit lama dan membutuhkan beberapa sentuhan agar lebih berdampak. Jika dilakukan secara serius dan terus menerus atau bertahap, efek serta hasil dari acara itu akan terlihat jelas.

Salah satunya dengan berkurangnya sampah-sampah yang sulit diuraikan oleh alam. Itu yang dijadikan karya produksi berdasarkan ide para peserta pembuatan skema.

“Tim pemenang lomba akan kami kumpulkan untuk menerangkan bagaimana rencana dari skema dilanjutkan setelah ini. Dengan itu, kami akan membuat program kerja baru yang muncul dari hasil skema pemenang atau skema yang lain,” tambah Bagas.

Pada acara itu, para siswa dilatih tanggap mencari solusi untuk pemersalahan sampah di SMAN 1 Pandaan. Tidak hanya mencari solusi, mereka juga mencari cara mengolah sampah anorganik dengan benar. Itu akan menumpuk siswa berpikir kritis.

Hasil skema dipikirkan oleh satu kelas. Itu membuat kerja sama antarsiswa meningkat.

Dannysha Putri Maharani
Siswa SMAN 1 Pandaan, Pasuruan
triput60@gmail.com

Let's block ads! (Why?)



"pengolahan" - Google Berita
February 24, 2020 at 05:54PM
https://ift.tt/2SVT9KT

Kumpulkan Skema Masuk Akal untuk Pengolahan Sampah di SMAN 1 Pandaan - Surya
"pengolahan" - Google Berita
https://ift.tt/2SYq29Y
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kumpulkan Skema Masuk Akal untuk Pengolahan Sampah di SMAN 1 Pandaan - Surya"

Post a Comment

Powered by Blogger.