Search

Gara-Gara Covid-19, Sektor Pengolahan Indonesia Ikut Terancam Tiarap - Indozone.id

INDOZONE.ID - Indonesia bakal benar-benar menghadapi tantangan ekonomi jika pemerintah tidak segera mampu mengatasi ketergantungan sektor manufaktur Indonesia terhadap suplai bahan baku barang modal untuk industri dari Tiongkok.

Sebagaimana diketahui, imbas dari mewabahnya virus Corona (Covid-19) di Provinsi Hubei dan kota Wuhan Tiongkok, produktifitas industri disana pun langsung 'tiarap'. Sektor-sektor produksi di Tiongkok hingga kini belum pulih, termasuk juga PMA (Penanaman Modal Asing) di Tiongkok yang memilih untuk stop produksi sementara demi menghindari korban yang lebih banyak.

"Setiap hari kami menghitung, yang meninggal di Tiongkok sudah 2.444 (orang). Masalahnya akan berpengaruh ke semua lalu lintas orang dan barang. Lalu lintas orang sudah stop per 5 Februari (2020) kemarin. Nggak ada kan wisatawan dari Tiongkok. Ini kan teman-teman pahami, impor kita 74% bahan baku barang modal (dari Tiongkok). Sekarang masih ada stock cadangan inventory, tapi siklusnya 1-2 bulan akan kesulitan," ujar Sesmenko Perekonomian, Susiwijono Moegiarso, saat dikonfirmasi Indozone, Senin (24/2/2020).

Indonesia, kata Susiwijono, masih memiliki waktu hingga pertengahan Maret 2020 untuk mencari solusi pengadaan bahan baku barang modal, sebagai substitusi impor dari Tiongkok yang saat ini sedang terganggu. Ia pun berharap, RUU Cipta Kerja bisa segera rampung, agar hal itu bisa membantu dari sisi perizinan, agar dampak ekonomi akibat Covid-19 bisa diredam.

"Kita hitung, puncaknya outbreak virus corona itu (tanggal) 20-30 januari. 1-2 bulan dari itu adalah pertengahan Maret (2020), ini akan terasa. Pemerintah harus memikirkan caranya. global ini sangat dinamis, maka RUU Cipta Kerja harus kita dorong," pungkasnya.

Let's block ads! (Why?)



"pengolahan" - Google Berita
February 24, 2020 at 06:07PM
https://ift.tt/2SVsuNW

Gara-Gara Covid-19, Sektor Pengolahan Indonesia Ikut Terancam Tiarap - Indozone.id
"pengolahan" - Google Berita
https://ift.tt/2SYq29Y
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Gara-Gara Covid-19, Sektor Pengolahan Indonesia Ikut Terancam Tiarap - Indozone.id"

Post a Comment

Powered by Blogger.