Search

Bupati Syahrul Resmikan Fasilitas Pengolahan Jagung Dikelola Kopkar Mulia Bakti - Realitasonline

Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu dan Direktur Operasional PTAR, Darryn McClelland, menandatangani serahterima dua buah proyek CSR PT AR yang salah satunya pembangunan fasilitas pengolahan jagung di Desa Sumuran, Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapsel, Rabu (27/2). (Foto : Realitasonline / Riswandy)

TAPANULI SELATAN – Realitasonline | Proyek pengembangan masyarakat berupa fasilitas pengolahan jagung untuk aktivitas pasca panen yang dikelola oleh Koperasi Karya (Kopkar) Mulia Bhakti, Desa Sumuran, Kecamatan Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), diresmikan oleh Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu di Desa Sumuran, Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapsel, Rabu (27/2/2020).

Pembangunan fasilitas pengolahan jagung berbiaya Rp.200 juta, merupakan program Corporate Sosial Responsibility (CSR) atau tanggungjawab sosial PT. Agincourt Resources (PT.AR) selaku pengelola Tambang Emas Martabe, dengan fasilitas terdiri dari lantai penjemuran, gudang saprodi, gudang produk, mesin perontok jagung, mesin kipas, ruang mesin, bangunan kantor dan toilet.

“ Fasilitas ini dikelola oleh Koperasi Karya Mulia Bakti, dengan kapasitas penjemuran mencapai 2 ton sedangkan gudang produk mencapai 3 ton, dengan total biaya pembangunan lebih dari Rp 200 juta, ” ujar Senior Manager Community Relations PT.AR Menurut Pramana.

Pramana menambahkan, sedikitnya 60 petani menerima manfaat langsung, dan lebih dari 50 Ha lahan kebun jagung memanfaatkan fasilitas ini. Selama ini anggota Koperasi Karya Mulia Bakti mayoritas berbudi daya jagung untuk diolah menjadi bahan pakan ternak dan kemudian berinisiatif menjadi salah satu sentra jagung pipil di Batangtoru dan saat ini sudah ada sekira 30 Ha lahan yang ditanami jagung di setiap musim tanam.

“ Mereka juga memiliki 1 Ha lahan budidaya penangkaran jagung untuk kemandirian benih lokal dan unggul. Area pemasaran produksi selain di lokal Batangtoru juga sudah mencapai Sibolga, Padangsidimpuan dan Medan dengan diversifikasi produk yang beragam, “ tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu menyampaikan salah satu komitmen perusahaan adalah menjalankan CSR untuk pembinaan dan peningkatan di wilayah lingkar tambang, sekitar tambang maupun wilayah Kabupaten Tapsel.

“ Doa kami agar PT AR banyak untung, karena dengan demikian makin banyak membayar pajak dan makin banyak CSR yang akan di salurkan. Demikian juga pembangunan fasilitas produksi jagung Pipil yang kiranya dapat meningkatkan ekonomi petani jagung. Ini menjadi milik masyarakat. Tolong rawat dengan baik supaya umurnya bisa panjang, “ terang Syahrul.

Sementara Direktur Operasional PT AR Darryn McClelland dalam sambutannya mengatakan peresmian pembangunan ini merupakan bagian dari program peningkatan ekonomi terutama di bidang pertanian untuk masyarakat disekitar tambang emas Martabe.

“ Perusahaan akan terus berkomitmen untuk menghidupkan harapan atas peningkatan kualitas hidup masyarakat terutama yang berada di sekitar tambang, baik dalam bidang infrastruktur, ekonomi maupun bidang lainnya dan dapat memberikan manfaat sosial positif jangka panjang dan berkelanjutan bagi seluruh pemangku kepentingan lokal melalui program pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, “ terang Darryn.

Kepala Desa Sumuran Mara Adil Napitupulu juga mengucapkan terimakasih kepada PT AR yang telah membantu masyarakat dengan membangun pengolahan jagung ini dan diharapkan dapat bermanfaat segungga usaha masyarakat semakin lancar. (RI)

Let's block ads! (Why?)



"pengolahan" - Google Berita
February 27, 2020 at 12:11PM
https://ift.tt/2wcnBaI

Bupati Syahrul Resmikan Fasilitas Pengolahan Jagung Dikelola Kopkar Mulia Bakti - Realitasonline
"pengolahan" - Google Berita
https://ift.tt/2SYq29Y
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bupati Syahrul Resmikan Fasilitas Pengolahan Jagung Dikelola Kopkar Mulia Bakti - Realitasonline"

Post a Comment

Powered by Blogger.