Search

Kini Pendopo Bandung Punya Tempat Pengolahan Sampah Terpadu - ayobandung.com

REGOL, AYOBANDUNG.COM -- Bertepatan dengan puncak peringatan Hari Sampah Nasional 2020, Wali Kota Bandung Oded M. Danial meresmikan pojok Pengolahan Sampah Terpadu di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Jumat (21/2/2020).

Tempat tersebut berperan sebagai pengurai sampah organik dan pusat pengelolaan sampah anorganik yang dihasilkan dari sampah rumah tangga pendopo.

Oded mengatakan, dengan tempat pengolahan tersebut, sampah yang dihasilkan dari Pendopo Kota Bandung sudah tidak akan diserahkan ke TPS setempat. Sehingga, hal ini mengurangi beban volume sampah di TPS dan TPA Kota Bandung.

AYO BACA : Napak Tilas ke eks TPA Leuwigajah dan Sarimukti

"Sampah di pendopo sehari-harinya sangat banyak, terutama sampah daun mengingat luas areanya saja mencapai 1,9 hektar. Sampah dari dapur pun sudah dikelola di sini sehingga tidak dibuang ke TPS lagi," ungkap Oded ketika ditemui selepas peresmian.

Berdasarkan pantauan Ayobandung.com, pojok Pengolahan Sampah Terpadu tersebut dibangun berupa rumah kecil dengan dua ruangan terpisah.

Di dalamnya terdapat berbagai metode pengelolaan sampah organik maupun anorganik, mulai dari alat pencacah sampah, pengomposan drum, pengomposan bata terawang, budidaya magot, hingga tempat pemanfaataan limbah anorganik seperti plastik dan sampah elektronik.

AYO BACA : Jika Bandung Punya Kang Pisman, Kota Kawasaki Jepang Punya 'Kawarun'

Oded mengatakan, tak jarang para petugas pojok Pengolahan Sampah Terpadu Pendopo mengambil sampah organik dari rumah-rumah makan di sekitar pendopo. Hal tersebut dilakukan untuk memberi pakan magot, serangga pengurai sampah yang nantinya berfungsi menjadi pakan ikan.

"Di sini kan ada budidaya maggot juga yang butuh makanan sampah organik, jadi petugas di sini kadang ambil sampah ke warung nasi sekitar," ungkap Oded.

Dia mengatakan, konsep pojok pengolahan sampah tersebut bukan semata-mata hadir untuk menjadi jawaban TPA Sarimukti Bandung yang kontraknya akan habis. Lebih jauh, hal ini diimbau untuk diterapkan di skala rumah tangga untuk membangun kesadaran bahwa sampah rumah tangga seharusnya bisa dikelola masing-masing.

"Karena sampah mah kudu beres di rumah. Kalau masih diangkat ke RW kemudian ke TPS lalu TPA, itu hanya memindahkan masalah," ungkapnya.

Oded juga mengatakan Pojok Pengolahan Sampah Terpadu tersebut terbuka untuk dipelajari oleh warga yang ingin tahu lebih jauh soal teknik-teknik pengelolaan sampah. Setiap harinya terdapat petugas yang berjaga yang dapat dimintai keterangan.

"Silakan belajar kelola sampah di sini, sekarang juga sudah mulai banyak kepala RW yang datang belajar, setiap hari ada petugas yang berjaga," jelasnya. 

AYO BACA : Pelajari Pengolahan Sampah di Kawasaki, Pemkot Siap Bangun TPA Cicabe

Let's block ads! (Why?)



"pengolahan" - Google Berita
February 21, 2020 at 12:11PM
https://ift.tt/2Vgn5ma

Kini Pendopo Bandung Punya Tempat Pengolahan Sampah Terpadu - ayobandung.com
"pengolahan" - Google Berita
https://ift.tt/2SYq29Y
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kini Pendopo Bandung Punya Tempat Pengolahan Sampah Terpadu - ayobandung.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.