Search

Kredit Bank Maret Tumbuh 7,2%, Terutama Sektor Pengolahan dan Hotel - Katadata.co.id

Bank Indonesia (BI) mencatat penyaluran kredit perbankan naik 7,2% menjadi Rp 5.703,4 triliun pada Maret 2020. Pertumbuhan ini meningkat dibanding bulan sebelumnya, yang hanya 5,5%.

"Peningkatan penyaluran kredit terutama terjadi pada debitur korporasi," demikian dikutip dari keterangan resmi BI, Kamis (30/4).

Pertumbuhan kredit untuk korporasi meningkat dari 4,6% pada Februari, menjadi 8% bulan lalu. Sedangkan pertumbuhan kredit kepada perorangan melambat dari 6,3% menjadi 5,8%.

Berdasarkan jenis penggunaannya, peningkatan pertumbuhan terjadi pada pembiayaan produktif, yaitu kredit modal kerja dan kredit investasi. Pertumbuhan Kredit modal kerja (KMK) naik dari 2,6% menjadi 5,1%.

(Baca: Kinerja Terancam, Bank BUMN Minta Subsidi Bunga KUR dari APBN Ditambah)

Peningkatan terutama terjadi pada sektor industri pengolahan, serta Perdagangan, Hotel, dan Restoran (PHR). Rinciannya, pertumbuhan KMK sektor industri pengolahan naik dari 3,1% menjadi 9,8%, terutama industri logam dasar besi dan baja di Jawa Barat dan Banten.

Kemudian, pertumbuhan KMK sektor PHR meningkat dari 1,1% menjadi 2,2%. Peningkatan terjadi utamanya di subsektor perdagangan impor bahan bakar gas, cair, dan padat di DKI Jakarta dan Jawa Timur.

Pertumbuhan kredit investasi (KI) pun meningkat dari 10% menjadi 13%. Kenaikan terutama pada sektor pertanian, peternakan, kehutanan, dan perikanan serta sektor industri pengolahan.

Secara rinci, KI sektor pertanian, peternakan, kehutanan, dan perikanan naik dari 5,3% pada Februari, menjadi 7,1% bulan lalu. Kenaikan tertinggi terjadi di subsektor perkebunan kelapa sawit di Sumatera Utara dan Kalimantan Utara.

(Baca: Gerak Terbatas, Bank BUMN Ragu Kinerja Mendatang Tetap Positif)

Pertumbuhan KI kepada sektor industri pengolahan juga melonjak dari 3,9% menjadi 10,7%. Khususnya pada subsektor industri logam dasar besi dan baja di Banten dan Jawa Barat.

Sedangkan, pertumbuhan kredit konsumsi (KK) melambat dari 6,1% menjadi 5,4%. Penyebab utamanya, pertumbuhan kredit pemilikan rumah (KPR) terutama rumah tipe 22-70 dan kredit multiguna turun.

Kredit properti juga melambat pertumbuhannya dari 8,4% menjadi 7,4%. Penyebabnya, perlambatan kredit KPR/KPA, serta kredit konstruksi.

Tercatat, pertumbuhan kredit KPR/KPA melambat dari 7,5% menjadi 6,6%. Perlambatan juga terjadi pada kredit konstruksi dari 11,2% menjadi 8,8%, terutama terkait perumahan. 

(Baca: Pemerintah Tunda Pembayaran Cicilan Kredit UMKM Selama Enam Bulan)

Di sisi lain, kredit real estate pertumbuhannya meningkat dari 5,5% menjadi 7,2%. Peningkatan ini terutama disebabkan oleh kenaikan kredit real estate gedung perkantoran.

Sedangkan, pertumbuhan kredit untuk sektor UMKM melambat dari 7,8% menjadi 6,9%. Rinciannya, pertumbuhan kredit usaha skala kecil turun dari 10,6% menjadi 9,1%. Lalu, kredit usaha skala menengah melambat dari 2,2% menjadi 1%.

Berdasarkan jenis penggunaan, perlambatan terjadi pada seluruh jenis kredit UMKM yakni modal kerja dan investasi. (Baca: Imbas Covid-19, Volume Transaksi Kartu Kredit Terpangkas Hingga 30%)

Kendati pertumbuhan kredit meningkat secara keseluruhan, suku bunga kredit dan simpanan menurun. Hal ini sejalan dengan penurunan suku bunga acuan.

Pada Maret, rata-rata tertimbang suku bunga kredit sebesar 10,33% atau turun 9 basis poin dibandingkan 10,42% pada bulan sebelumnya.

Demikian pula rata-rata tertimbang suku bunga simpanan berjangka turun pada hampir seluruh jenis tenornya. Rinciannya, tenor sebulan turun dari 5,91% menjadi 5,76%. Untuk jangka waktu tiga bulan menurun dari 6,18% menjadi 6,09%.

Kemudian, bunga pinjaman simpanan berjangka tenor enam bulan turun dari 6,58% menjadi 6,42%. Lalu, untuk jangka waktu setahun menurun dari 6,72% menjadi 6,6%.

Kendati begitu, suku bunga simpanan berjangka tenor 24 bulan meningkat dari 7,29% menjadi 7,32%. (Baca: Bank-bank Kecil Berlomba Tambah Modal lewat Penjualan Saham Baru)

Reporter: Agatha Olivia Victoria

Let's block ads! (Why?)



"pengolahan" - Google Berita
April 30, 2020 at 10:32PM
https://ift.tt/3bRCFdF

Kredit Bank Maret Tumbuh 7,2%, Terutama Sektor Pengolahan dan Hotel - Katadata.co.id
"pengolahan" - Google Berita
https://ift.tt/2SYq29Y
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

5 Responses to "Kredit Bank Maret Tumbuh 7,2%, Terutama Sektor Pengolahan dan Hotel - Katadata.co.id"

  1. SELAMAT DATANG DI KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY, (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya di +1(585)708-3478, tujuan kami adalah memberikan Layanan Profesional yang Unggul.
    Apakah Anda seorang pria atau wanita bisnis? Apakah Anda berada dalam kekacauan keuangan atau apakah Anda memerlukan dana untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memulai Skala Kecil dan bisnis menengah yang bagus? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan Anda kesulitan mendapatkan modal dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya?

    Pinjaman kami diasuransikan dengan baik untuk keamanan maksimum adalah prioritas kami, tujuan utama kami adalah untuk membantu Anda mendapatkan layanan yang Anda pantas, Program kami adalah cara tercepat untuk mendapatkan apa yang Anda butuhkan dalam sekejap. Kurangi pembayaran Anda untuk mengurangi beban pengeluaran bulanan Anda. Dapatkan fleksibilitas yang dapat Anda gunakan untuk tujuan apa pun - mulai dari liburan, pendidikan, hingga pembelian unik

    Kami menawarkan semua jenis layanan keuangan kepada individu yang membutuhkan pinjaman yang meliputi: Pinjaman Pribadi, pinjaman konsolidasi Utang, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Pendidikan, Pinjaman Terjamin Hipotek, Pinjaman Tanpa Jaminan, Pinjaman Hipotek, Pinjaman Gaji, Pinjaman Siswa, Pinjaman Komersial, Pinjaman Investasi , Pinjaman Pembangunan, Pinjaman Otomatis, Pinjaman Konstruksi, dengan suku bunga rendah sebesar 2% per tahun untuk perorangan, perusahaan dan badan hukum. Dapatkan yang terbaik untuk keluarga Anda dan miliki rumah impian Anda juga dengan skema Pinjaman Umum kami.

    Silakan, hubungi kami untuk informasi lebih lanjut jika Anda tertarik: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hubungi kami di +1(585)708-3478, instragram- karina roland. facebook- elena karina roland

    ReplyDelete
  2. NAMA: Titin yuni Arlini
    Nomor rekening: 6170235108
    NAMA BANK: bank central asia (BCA)
    HIBAH PINJAMAN: Rp 250.000.000
    EMAIL SAYA: titinyuniarlini@gmail.com

    Selamat siang!!!
    Saya hanya tersenyum saat memposting ini karena KARINA ELENA ROLOAND LOAN COMPANY telah membuat saya dan keluarga saya keluar dari hutang. Semuanya berawal ketika saya membutuhkan pinjaman Rp250.000.000 untuk melunasi semua hutang saya, tidak ada yang membantu karena saya kehilangan suami sampai saya menemukan kontak emailnya di internet sehingga saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman dari MOTHER KARINA dan sekarang saya sangat senang dan berterima kasih atas bantuan MOTHER KARINA karena telah memberikan pinjaman saya.
    Sekarang saya memiliki bisnis sendiri dan saya merawat keluarga saya dengan baik karena bantuan KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY yang memberi saya pinjaman tanpa stres. Tuhan Yang Maha Esa akan terus memberkati kerja keras MOTHER KARINA yang baik.
    Anda dapat menghubungi mereka sekarang melalui email atau whatsapp oke: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp +15857083478

    ReplyDelete
  3. Halo semua
    Nama saya AISHA MEY (aishamey14@gmail.com) dari jakarta selatan indonesia saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ALLAH karena penderitaan saya berakhir melalui Anthony Yuliana Lenders yang telah memberikan pinjaman kepada saya sebesar Rp 250 juta, bagi yang mencari pinjaman harus sangat berhati-hati karena ada banyak pemberi pinjaman palsu dimana-mana hanya sedikit yang nyata dan Pemberi Pinjaman Anthony Yuliana adalah salah satu pemberi pinjaman online terbaik, saya melakukan pembayaran untuk asuransi pinjaman saya dan biaya transfer sebelum jumlah pinjaman saya sebesar Rp 250 juta ditransfer ke rekening saya, untuk mereka yang mencari pinjaman online asli dan asli harus menghubungi mereka
    (anthony.yulianalenders@gmail.com)
    whatsapp (+13234026088)

    ReplyDelete
  4. PENAWARAN PINJAMAN MENDESAK, DAFTAR SEKARANG.

    Para Pencari Pinjaman yang terhormat,

    Salam dari REBACCA ALMA LOAN COMPANY.

    Kami adalah pemberi pinjaman bersertifikat yang menawarkan pinjaman kepada orang-orang yang membutuhkan pinjaman. Kami memberikan pinjaman untuk proyek, bisnis, pajak, Hutang, tagihan, dan banyak alasan lainnya.Kami beroperasi dengan tingkat bunga 2%. Ada lebih banyak keuntungan dengan mendapatkan pinjaman dari perusahaan ini, jadi Apakah Anda membutuhkan pinjaman? Apakah kamu berhutang? Ingin memulai bisnis dan butuh modal? Apakah Anda membutuhkan pinjaman atau pendanaan untuk alasan apapun? Bantuan Anda akhirnya ada di sini, karena kami memberikan pinjaman kepada semua orang dengan tingkat bunga yang lebih murah dan terjangkau hanya 2%, jika tertarik silakan hubungi kami hari ini di: (rebaccaalmaloancompany@gmail.com) dan dapatkan pinjaman Anda hari ini.

    Kami memberikan yang berikut;
    *Perbaikan rumah
    * Pinjaman Penemu
    * Pinjaman Mobil
    * Pinjaman Konsolidasi Utang
    * Garis Kredit
    * Pinjaman Kedua
    * Pinjaman Bisnis
    *Pinjaman pribadi
    * Pinjaman Internasional
    * Pinjaman Gaji
    * Pinjaman Komersial
    * Pinjaman Medis
    * Pinjaman Pendidikan
    * Pinjaman Pertanian

    Kami bersertifikat, dapat dipercaya, dapat diandalkan, efisien, Cepat dan dinamis. Jika anda berminat silahkan hubungi kami melalui:
    Nomor WhatsApp +14052595662
    Facebook: Rebacca Alma
    Twitter: Rebacca Alma
    email: rebaccaalmaloancompany@gmail.com)
    Alamat: 54 E Main Street / Adnock, New York City. 13815, New York AS
    Alamat Cabang: Alamat: 4605 miller, Oklahoma City 73112 Oklahoma USA.
    Semoga berhasil!!!
    PERUSAHAAN PINJAMAN REBACCA ALMA

    ReplyDelete
  5. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    ReplyDelete

Powered by Blogger.