Search

Kostra Tani Bikin Pertanian Maju Mandiri Bahkan Dengan Pengolahan yang Lebih Modern kata Syahrul YL - Tribunnews

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Program Sistem Komando Strategis Teknis Pertanian (Kostra Tani) yang dicanangkan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) mulai digencarkan.

Kostra Tani adalah pusat kegiatan pembangunan pertanian tingkat kecamatan yang merupakan optimalisasi tugas, fungsi dan peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional.

Melalui Kostra Tani, BPP yang ada di kecamatan berperan sebagai pusat data dan informasi, pusat gerakan pembangunan pertanian dan pusat pembelajaran yang kegiatannya itu akan dikoneksikan sampai ke tingkat pusat.

Mentan SYL mengungkapkan, Kostra Tani bertujuan menciptakan kecamatan sebagai tumpuan pengendali dan sistem ini dipersiapkan untuk memonitor dan mengoptimalkan peran penyuluh di kecamatan sebagai ujung tombak dan garda terdepan ketahanan pangan nasional.

“Tahun 2020, ada lima BPP di Sinjai yang akan menjadi Kostra Tani. Nantinya akan dilengkapi peralatan IT dan sarana komputerisasi lainnya sehingga dalam aktivitasnya dikendalikan di pusat,” ungkap Syahrul Yasin Limpo.

Kostra Tani juga akan diandalkan dalam penyediaan stok pangan di tengah pandemi Covid-19. Dikatakan Mentan SYL, dengan Kostra Tani pertanian lebih maju mandiri bahkan dengan pengolahan yang lebih modern.

"Di tengah derasnya serangan wabah Covid-19 ini, masyarakat tidak perlu khawatir soal pangan, sebelas komoditas bahan pokok dikawal pemerintah secara intens," tuturnya.

Hal senada disampaikan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi. Meskipun di tengah pandemi Covid-19, pertanian tetap tidak berhenti.

Bahkan peran Kostra Tani justru menjadi sangat penting di kondisi ini untuk meningkatkan produksi pertanian dan ekspor dengan basis IT.

“Kostratani ini ibarat menu lengkap, dari hulu hingga hilir pertanian akan menjadi maju, mandiri dan modern. Apalagi di saat ini corona atau Covid-19 yang sedang menyerang peran Kostra Tani ini menjadi meningkat dalam menyediakan stok pangan," kata Dedi.

Let's block ads! (Why?)



"pengolahan" - Google Berita
April 21, 2020 at 08:45PM
https://ift.tt/2zbmwRJ

Kostra Tani Bikin Pertanian Maju Mandiri Bahkan Dengan Pengolahan yang Lebih Modern kata Syahrul YL - Tribunnews
"pengolahan" - Google Berita
https://ift.tt/2SYq29Y
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kostra Tani Bikin Pertanian Maju Mandiri Bahkan Dengan Pengolahan yang Lebih Modern kata Syahrul YL - Tribunnews"

Post a Comment

Powered by Blogger.