Search

Begini Cara Pengolahan Limbah Medis Corona di Rumah Sehat Jakabaring - iNews

PALEMBANG, iNews.id - Limbah medis yang berada di rumah sehat atau ODP Center Covid-19 Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) dibuang dan dimusnahkan dengan cara khusus. Hal ini dilakukan agar tidak menularkan corona ke orang lain.

"Kami menjamin pengelolaan limbah di ODP Center Jakabaring telah sesuai prosedur kesehatan sehingga dijamin kebersihannya," kata Pelaksana Harian ODP Center atau Rumah Sehat Jakabaring, Aufa Syahrizal di Palembang, Rabu (29/4/2020).

Aufa menambahkan, limbah medis di ODP Center tidak akan menjadi sumber penularan baru Covid-19 baik bagi pasien, tenaga medis, maupun masyarakat sekitar.

"Sejak awak itu sudah kita pikirkan. Limbah medis dan limbah biasa tentu kita pisahkan, baik cara maupun tempat pembuangannya," kata dia.

Lebih lanjut Aufa mengatakan, limbah medis bekas penanganan ODP Covid-19 akan dikumpulkan di kantong khusus untuk dilakukan pemusnahan di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumsel.

"Dimusnahkan di DLH dan Pertanahan menggunakan alat Insinerator. Di alat itulah limbah tersebut akan dibakar dengan suhu 800°C," kata dia.

Hasilnya, limbah tersebut akan menjadi debu namun tetap tidak akan menimbulkan polusi.

"Yang jelas pengelolaan limbah medis di ODP Center ini aman sehingga tidak akan berdampak pada masyarakat sekitar," katanya.

Sementara untuk limbah biasa, lanjutnya, akan langsung dilakukan dibuang di tempat pembuangan sampah atau dibakar.

"Tetap kita perhatikan. Minimal kita bakar untuk menghindari jika ada limbah medis yang tak sengaja tercampur," kata dia.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Let's block ads! (Why?)



"pengolahan" - Google Berita
April 29, 2020 at 01:28PM
https://ift.tt/3bQlyZy

Begini Cara Pengolahan Limbah Medis Corona di Rumah Sehat Jakabaring - iNews
"pengolahan" - Google Berita
https://ift.tt/2SYq29Y
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Begini Cara Pengolahan Limbah Medis Corona di Rumah Sehat Jakabaring - iNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.